BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

CARA EFEKTIF MELAKUKAN PENGGAJIAN KARYAWAN DENGAN SOFTWARE PAY ROLL

Tidaklah mudah menggaji karyawan yang jumlahnya lebih dari 50 orang, apalagi jika dalam menggaji menggunakan banyak komponen yang harus dimasukan seperti gaji pokok, tunjangan tetap jabatan, uang makan, premi, asuransi, BPJS, potongan pajak, potongan hutang karyawan, maka sangat sulit dilakukan jika sumber datanya tidak terintegrasi dan tersimpan dengan baik.

Cara penggajian dengan cara manual atau tanpa bantuan software pasti akan sangat melelahkan, meskipun itu dilakukan di akhir bulan. Tetapi jika secara waktu tidak efektif maka melakukan penggajian tanpa system akan membuat bagian HRD menjadi terlunta-lunta.

Software Pay Roll akan sangat membantu dalam penghitungan gaji karyawan, khususnya yang bersifat variable. Dengan diintegrasikan dengan mesin absensi maka perhitungan pembayaran gaji yang berkaitan dengan jumlah masuk kerja akan dapat dilakukan dengan mudah.

Langkah-langkah yang umum sumber datanya adalah dari mesin absensi, kemudian histori dari pinjaman karyawan, kemudian komponen-komponen gaji, dihitung dengan kalkulator atau pakai excel. Tapi sumber data diambil di file terpisah. Dengan software pay roll semua terintegrasi sehingga menghitung gaji bisa dilakukan dengan cepat.

Menghitung gaji secara manual juga ada yang mengatakan sebagai sumber malapetaka. Mengapa demikian? Seperti yang diketahui bahwa gaji sangat sensitive, apabila salah menghitungnya, maka sering memunculkan protes, ini kerugiannya. Tapi apabila gaji lebih yang diberikan tidak muncul protes, tapi merupakan kerugian bagi perusahaan. Oleh sebab itu seperti buah simala kama, sebagai bagian yang menghitung gaji sebaiknya memang perlu berhati-hati. Dengan adanya software pay roll diharapkan akurasinya gaji bisa terjamin dengan baik. Sehingga HRD bisa bernafas legah dan jauh dari tuntutan yang tentu saja melelahkan. Banyak hal yang perlu ditinjau ulang jika penghitungan gaji masih manual.

Groedu Inti Global Inovasi 
City Of Tomorrow Mall, Jl. A Yani No. 288 (Bunderan Waru) Lantai UG, Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya.
Telphon : 081-5941-7699 (Only Call)
Handphone : 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati)
Email : groedu@gmail.com
website : www.softwareaccountingsurabaya.com

Tinggalkan Balasan

Scroll to top