BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

CARA EFEKTIF MENGELOLA DATA KARYAWAN

Jika perusahaan masih puluhan orang pembuatan data karyawan yang berulang-ulang tidak masalah, tetapi jika jumlah karyawan sebanyak ribuan orang maka tidak mungkin mengulang pembuatan data karyawan. Mengapa harus meributkan mengenai data karyawan? Data karyawan sangat penting untuk dapatkan infomasi :

  1. Lamanya bekerja.
  2. Latar belakang pendidikan dan pengalaman.
  3. Fasilitas apa saja yang diperoleh di perusahaan.
  4. Jumlah keluarga dan saat ini ditempatkan dimana
  5. Serta lainnya.

Data karyawan di atas tentunya memiliki manfaat terkait dengan karyawan itu sendiri. Misalnya mengenai lamanya bekerja, ketika terjadi PHK dan HRD tidak memiliki data lamanya bekerja, bagaimana menghitung pesangon, menghitung uang jasa dan lainnya untuk karyawan. Begitu pula dengan latar belakang pendidikan karyawan sangat dibutuhkan ketika perusahaan sedang menaikan jabatan seorang karyawan.

Fasilitas yang saat ini diberikan kepada karyawan apa saja. Tidak mungkin seorang HRD akan mengingat satu persatu karyawan mengenai fasilitasnya. Hal ini sangat menyulitkan bagi perusahaan yang telah memiliki ribuan orang sebagai pekerja. Fasilitas bisa berkaitan dengan kendaraan, perumahan, atau lain-lainnya seperti BPJS dan sebagainya.

Pengurusan BPJS saja dibutuhkan jumlah anak, begitu pula dengan PTKP ( Potongan tidak kena Pajak), kalau data jumlah anak tidak bisa diketahui maka dalam menghitung PPH 21 karyawan akan menggunakan perkiraan. Data karyawan berkaitan dengan jumlah anak sangat penting. Begitu pula penempatan sang karyawan di luar kota jika sedang dinas. Apabila harus memboyong keluarga maka data jumlah keluarga juga dibutuhkan untuk urusan  pemberian rumah dinas dan sebagainya.

Nampaknya sepele data karyawan, namun jika ditelusuri sesuai dengan kepetingannya maka tidak cukup seorang HRD menggunakan cara-cara kuno dan manual untuk membuat data karyawan. Dengan software HRD dan pay Roll data karyawan dapat disimpan dengan aman meskipun sang HRD pindah tugas atau naik jabatan atau sedang di rolling di departemen lainnya. Tunggu apa lagi untuk perapian manajemen HRM jika perusahaan ingin autopilot.

Groedu Inti Global Inovasi 
City Of Tomorrow Mall, Jl. A Yani No. 288 (Bunderan Waru) Lantai UG, Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya.
Telphon : 081-5941-7699 (Only Call)
Handphone : 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati)
Email : groedu@gmail.com
website : www.softwareaccountingsurabaya.com

Tinggalkan Balasan

Scroll to top