BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

INGIN MENINGKATKAN PENJUALAN SALESMAN DI PERUSAHAAN ANDA? GUNAKAN SALES FORCE ADMIN

Apa yang dimaksud dengan SFA (Sales Force Admin)? Sales force admin adalah software yang khusus diperuntukan untuk salesman ketika melakukan transaksi di customer. Cara kerja software ini seperti seorang asisten yang pintar dalam  bentuk software yang pengoperasiannya bisa menggunakan gadget sekelas Lenovo dengan harga Rp 1.000.000,-. Dengan mengoperasikan berbagai fitur antara lain penjualan, Penagihan Piutang penjualan, Cek Laporan stok akhir di Gudang, melakukan pelunasan piutang serta GPS yang dapat melacak atau menginfokan titik koordinat dimana salesman berada.

Mari satu persatu kita bahas hal-hal tersebut diatas. Untuk fitur penjualan, salesman dapat melakukan penjualan melalui gadget tersebut dengan hanya menekan tombol yang sudah disediakan. Transaksi sudah bisa menginfokan nama barang, kode barang, jumlah barang, nilai rupiah dan jangka waktu pembayaran. Nama Customer, dan mengambil barang dari gudang yang sudah disediakan. Salesman sangat mudah melakukan transaksi, sebab di sini dilengkapi pula jam transaksi serta lamanya atau durasi dalam melayani pelanggan. Selain itu dengan fitur penjualan, salesman juga bisa melihat riwayat pembelian yang dilakukan oleh customer sebelumnya, dengan begitu salesman dapat melakukan push penjualan  sesuai  jenis produk yang dibutuhkan oleh customer.

Pada saat melakukan penjualan, tidak menutup kemungkinan seorang salesman memiliki tugas untuk melakukan penagian sekaligus. Pada saat melakukan penagihan, informasi out standing piutang penjualan, selain yang secara fisik dibawa oleh Salesman bisa dicocokan dengan yang ada di system. Dengan demikian salesman bisa dengan mudah membuat kebijakan sesuai dengan SOP (Standard operating procedure) penjualan yang diberikan perusahaan. Misalnya mengenai kebijak pemberikan kredit yang mengacu dengan limit, maka salesman bisa menyesuaikan apakah limit kredit sesuai atau belum. Apabila kredit limit yang ditentukan perusahaan berdasarkan jumlah invoice dan Jangka waktu pembayaran misalnya. Jika dicek ternyata invoice yang diperbolehkan maksimal 2, maka ketika customer tidak melakukan pembayaran maka transaksi penjualan yang akan dilakukan tidak bisa dijalankan sebelum customer melakukan pelunasan. Enaknya menggunakan SFA, tidak merepotkan salesman karena informasi piutang penjualan out standing tersaji dalam fitur SFA yang dipakai oleh salesman.

Setelah customer melunasi piutang, maka salesman dapat segera langsung melakukan pelunasan di system melalui fitur penerimaan piutang penjualan. Melalui cara seperti ini waktu yang dihemat sangat banyak, sebab bagian admin di kantor tidak perlu lagi melakukan pelunasan piutang, kecuali kegiatan pencocokan antara yang sudah dilunaskan dengan uang fisik yang dibawah salesman ketika disetorkan di Kasir. Sangat membantu sekali baik salesman maupun administrator sehingga di perusahaan sangat bisa berhemat mengenai waktu melakukan input pelunasan piutang penjualan. Dengan waktu yang sangat hemat berarti jumlah admin yang ada di perusahaan bisa dikurangi.

Ketika melakukan penjualan, tidak menutup kemungkinan harus melihat stok barang yang tersedia di gudang perusahaan, dengan menggunakan SFA salesman akan sangat tertolong sebab tidak harus bertanya lagi di bagian gudang. Informasi stok akhir bisa dilihat di SFA dengan detail. Dengan begitu pekerjaan orang Gudang juga hemat dan salesman tidak perlu tahu lagi stok yang ada di gudang melalui pihak personal di Gudang. Cukup up date di gadget maka  persediaan akhir di gudang sudah bisa dilihat.

Selain manfaat di atas ternyata terdapat manfaat yang sangat luar biasa bagi controller. Misalnya seorang supervisor penjualan perusahaan yang ingin mengetahui posisi anak buah, maka dari GPS yang ada dapat melacak posisi salesman berada.  Ini keunggulan SFA ketika dioperasikan sehingga salesman yang bekerja pada perusahaan benar-benar ke pantau ketika melakukan transaksi penjualan. Oleh sebab itu target call dan efektif call yang diberikan ke salesman dapat diketahui dengan baik. Nah, itu manfaat yang ada di SFA.

Sekarang apa lagi yang mesti dilakukan untuk menaikan omzet perusahaan? Selain skill SDM tentunya perangkat lunak yang sangat canggih dapat membantu kegiatan salesman yang semakin hari dituntut untuk bekerja lebih. Tanpa salesman maka perusahaan akan kesulitan. Oleh sebab itu mulailah merencanakan infrastruktur yang berkaitan dengan salesman mulai dipikirkan. SFA adalah produk andalan kami yang bisa membantu salesman agar produktif dalam melakukan penjualan.

Secara menakjubkan, sampai kantor tidak perlu melakukan ketik ulang semua transaksi yang dilakukan oleh salesman. Tinggal disinkronkan ke back end, back end adalah software pendukung yang akan menerima data dari SFA dan diolah oleh software menjadi laporan keuangan, laporan penjualan, laporan biaya, serta lainnya.

Semoga artikel ini berguna. Apabila pembaca membutuhkan pendampingan dalam penggunaan SFA, software distribusi, software accounting, training salesman dalam meningkatkan penjualan, silahkan hubung groedu@gmail.com atau kontak ke 0818521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

Tinggalkan Balasan

Scroll to top