BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

HAL-HAL PENTING YANG HARUS ANDA PERHATIKAN SEBELUM AKAN MEMBUKA KANTOR CABANG BARU

Memiliki kantor cabang sendiri dalam usaha untuk memperluas jangkauan sayap bisnis merupakan impian terbesar bagi setiap pengusaha. Dengan cara memiliki kantor cabang sendiri, maka perusahaan dan produk akan menjadi terdistribusikan dengan baik dan akan semakin banyak dikenal oleh para pelanggannya. Berbagai macam alasan mengapa seorang pengusaha menginginkan untuk memiliki kantor cabang sendiri, dan salah satunya yang paling umum adalah untuk mengembangkan sayap dari bisnisnya agar bisa menjadi semakin kuat dalam menghadapi berbagai tantangan persaingan dunia bisnis yang sudah semakin ketat saat ini.

Namun dalam hal mempersiapkan untuk membuka kantor cabang bisnis, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu agar tidak sampai mendapatkan masalah dikemudian haru pada saat cabang tersebut sudah di buka dan yang lebih parahnya lagi adalah, semakin berimbas dari tidak optimalnya operasional internal dari kantor cabang bisnis tersebut yang tentunya akan sangat merugikan bisnis pusat milik Anda sendiri.

Bagi Anda yang memiliki bisnis yang masih berkembang dan berencana untuk semakin memperluas jangkauan dari target market Anda dengan jalan membuka cabang bisnis baru pada tempat-tempat yang berbeda-beda, maka berikut ini merupakan beberapa tips yang mungkin saja sangat bermanfaat bagi Anda semua.

Titik kantor Cabang

1. Perhatikan Detail Budget Anda.

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah tentang bagaimana kondisi keuangan dari bisnis Anda. Hitunglah dengan sangat cermat tentang seberapa besar jumlah anggaran yang akan Anda habiskan untuk rencana pembangunan cabang baru tersebut. Jangan sampai stock dari keuangan Anda menjadi semakin menipis dan bahkan sampai mengganggu stabilitas keuangan dari perusahaan utama (perusahaan induk), karena terlalu memaksanakan untuk rencana ekspansi dari kantor cabang baru tersebut.

2. Lokasi Representatif.

Unsur selanjutnya yang harus Anda dipertimbangkan dalam pendirian kantor cabang baru adalah berdasarkan letak lokasinya. Apakah letak lokasi dari calon kantor cabang baru tersebut sudah benar-benar strategis dan representatif? Apakah letak dari lokasi kantor cabang baru tersebut memiliki potensi pangsa pasar yang cukup menjanjikan atau tidak? dan seterusnya. Apabila lokasi yang Anda pilih tersebut terlihat sudah cukup potensial, maka rencana untuk pengembangan bisnis tersebut bisa langsung “go action/dilaksanakan”.

3. Sudah Merekrut atau Memiliki Calon Pimpinan Baru untuk Operasional Cabang Baru.

Hal ketiga yang harus Anda pertimbangkan adalah ada atau tidaknya calon pimpinan (manager) handal yang akan memimpin segala kegiatan dari operasional kantor cabang baru tersebut. Membuka kantor cabang baru tidak ada bedanya seperti memulai bisnis dari awal lagi, sehingga diperlukan adanya tim managerial yang benar-benar handal agar mampu dalam mencapai kestabilan dari kantor cabang baru tersebut. Apabila Anda sudah memiliki kandidat terbaik, maka bersiap-siaplah untuk grand openingnya.

4. Memiliki Mekanisme Kerja yang Jelas.

Dalam usaha untuk membuka kantor cabang baru, tentunya membutuhkan adanya kerja ekstra keras. Dan lagi sebelumnya Anda harus menentukan tentang bagaimana sistem pengawasannya, menentukan bagaimana cara Anda untuk mensuplai berbagai kebutuhannya, dan banyak lagi yang lainnya. Perancangan sistem seperti itu akan membuat Anda menjadi lebih terarah dalam hal pengembangan bisnis untuk selanjutnya. Apabila mekanisme yang sudah Anda susun tersebut diprediksi akan bisa berjalan dengan lancar, maka bersiap-siaplah untuk memantapkan rencana tersebut untuk pembukaan kantor cabang baru.

5. Mempertimbangkan Cara untuk Ekspansi.

Untuk membuka kantor cabang baru, terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan mencari partner bisnis (investor) yang bersedia untuk untuk pembiayaan pembangunan kantor cabang baru tersebut, atau dengan 100% dibiayai oleh perusahaan induk, atau bisa juga untuk mempertimbangkan dengan mewaralabakan bisnis Anda sebagai salah satu cara termudah dalam memperluas jaringan bisnis Anda.

Membuka kantor cabang baru untuk perkembangan bisnis memang merupakan cara terbaik dan yang paling ampuh dalam memperluas jangkauan target market dari bisnis Anda yang juga akan langsung berimbas terhadap semakin bertambahnya keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan dari membuka kantor cabang baru. Namun jangan sampai Anda melupakan tentang beberapa hal diatas yang harus benar-benar Anda perhatikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian dan apabila pembaca membutuhkan software accounting secara online untuk pembukaan cabang, silahkan menghubungi 081-8521172 atau 081-252982900. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Scroll to top