BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PENTINGNYA KEAMANAN KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM INTERNAL PERUSAHAAN

Sistem informasi merupakan salah satu dari asset perusahaan yang paling berharga. Sistem yang baik akan semakin meningkatkan produktifitas, efisiensi, dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, serta semakin mempermudah dalam hal pengambilan keputusan bagi pihak manajemen. Hal ini juga terus didukung dengan semakin meningkatnya kesadaran terhadap betapa pentingnya mengendalikan sistem informasi dalam manajemen perusahaan. Sedangkan yang dimaksud dengan keamanan komputer merupakan keamanan informasi yang telah diaplikasikan pada komputer beserta jaringannya, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penipuan dalam sebuah sistem yang berbasis informasi. Keamanan komputer ini bertujuan untuk melindungi dari pencurian informasi dan untuk memelihara ketersediaan informasi bagi perusahaan.

Para pengusaha biasanya menerapkan sistem informasi akuntansi dalam mengelola akun mereka dengan lebih memadai, cepat, dan tepat. Dan pada dasarnya sistem informasi akuntansi juga menyediakan tools yang akan digunakan untuk melacak pencatatan keuangan. Sehingga status keuangan dari sebuah perusahaan juga akan dapat diketahui dengan lebih akurat dan manajemen akan dapat segera mengambil keputusan yang tepat dan cepat.

TIGA DASAR PRINSIP UTAMA DALAM MENYUSUN INFORMASI AKUNTANSI

Keamanan sistem telah menetapkan berbagai langkah yang disusun untuk menghindari akses dari personel yang sama sekali tidak berwenang, termasuk juga pada penyusup yang mencoba untuk mengakses informasi yang tersimpan secara rahasia. Dan faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan dari sistem informasi akuntansi adalah harus memenuhi beberapa hal berikut:

1. Prinsip cepat, yaitu untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat dan tepat waktu serta dapat segera memenuhi berbagai kebutuhan dan kualitas yang cukup memadai.
2. Prinsip aman, yang mana dapat membantu dalam menjaga keamanan harta milik perusahaan.
3. Prinsip murah, yaitu biaya yang akan digunakan untuk menerapkan sistem informasi akuntansi harus dapat ditekan seminimal mungkin.

Yang harus diperhatikan dalam penerapan sistem keamanan komputer ini adalah dengan memperkecil adanya celah penyusupan untuk menganggu sistem yang sedang digunakan, baik itu adalah melalui personal computer, jaringan lokal, maupun secara global. Untuk itulah maka harus dipastikan bahwa sistem dapat berjalan dengan cukup memadai dan memperkecil kemungkinan permasalahan dalam aplikasinya.

PEMICU UTAMA TERJADINYA BERBAGAI TINDAK KEJAHATAN MELALUI KOMPUTER

Beberapa hal yang dapat memicu mengapa bisa terjadi kejahatan komputer adalah:

• Pengguna komputer dan media internet yang semakin lama semakin meningkat secara drastis.
• Adanya penyalahgunaan software yang semula hanya dilakukan untuk pengujian saja dari sebuah riset sistem dengan tujuan untuk mencari celah yang pada akhirnya malah digunakan untuk melakukan scanning dengan tujuan peretasan terhadap sistem lainnya.
• Semakin maraknya perangkat lunak untuk penyusupan yang banyak beredar di internet.
• Desentralisasi server yang mana banyak sekali sistem yang harus ditangani, namun terjadi keterbatasan SDM yang melakukannya.
• Banyaknya perusahaan yang menghubungkan jaringan LAN kepada internet tanpa adanya tingkat pengamanan yang memadai dari pihak perusahaan.
• Banyaknya bugs dalam software yang semestinya harus selalu dipantau dan dilakukan riset untuk memperkecilnya.

Tindakan yang banyak dilakukan dalam usaha untuk meningkatkan keamanan system komputer adalah dengan cara membatasi (hak) akses secara fisik terhadap penggunakan program (software) komputer, menetapkan mekanisme pada perangkat lunak dan sistem operasional, menentukan strategi pemrograman agar dapat menghasilkan program komputer yang lebih handal. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah adanya akses komputer dari orang yang sama sekali tidak bertanggungjawab. Keamanan dari system komputer sangat penting karena berhubungan dengan privacy, integrity, autentication, confidentiality, dan availability.

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat tentang betapa pentingnya keamanan computer dan system informasi akuntansi dalam internal perusahaan. Semoga bisa bermanfaat, terimakasih dan salam sukses.

Apabila membutuhkan software HRD, Payroll dan Accounting, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu Anda!

 

Tinggalkan Balasan

Scroll to top