BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PERTIMBANGAN PENGUSAHA UKM/UMKM DALAM MEMILIH SOFTWARE KEUANGAN YANG COCOK BAGI BISNIS MEREKA

Sebagai seorang pengusaha, terlebih lagi apabila bisnis Anda adalah termasuk kedalam bisnis berskala UKM/startup maka, keputusan untuk menggunakan software keuangan bisa jadi menyebabkan dilema tersendiri. Mengapa demikian? karena biasanya bisnis yang masih berskala UKM memiliki jumlah anggaran yang masih sangat terbatas, yang mana si pengusaha tersebut harus lebih cerdas dan memiliki ketrampilan tersediri dalam hal mengalokasikan modalnya yang masih serba terbatas tersebut. Dan apabila sejak dari awal sudah salah dalam memperhitungkan untuk pengeluaran anggaran, maka akan mengakibatkan semakin terhambatnya jalannya usahanya tersebut.

Jika memilih untuk menggunakan software keuangan memang bisa dikatakan belum terlalu bisa terlihat hasilnya dalam waktu dekat, karena penggunaan software merupakan sebuah investasi yang lebih bersifat untuk jangka panjang, maka sudah akan mulai terlihat manfaatnya ketika pertumbuhan bisnis sudah mulai berkembang pesat. Apabila pengusaha tidak jeli dalam memilih software keuangan, maka usaha mereka untuk berinvestasi akan menjadi semakin sia-sia karena dana yang sudah terlanjur dikeluarkan tidak akan membuahkan hasil apapun bagi usahanya.

Cara terbaik untuk menentukan software keuangan yang paling cocok dan sesuai untuk jenis usaha Anda adalah dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Otomatis Laporan yang Siap Saji.

Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menghitung secara manual. Dengan jalan menggunakan software keuangan, maka Anda hanya perlu untuk menginput data dan semua laporan yang Anda butuhkan akan otomatis terbuat dan tersaji, dan juga dapat dilihat kapan saja dan dimana saja Anda inginkan. Sehingga akan semakin menghemat banyak sekali waktu Anda yang begitu berharga dan tentunya juga mengurangi resiko terjadinya kesalahan dalam hal input dan hasil laporan yang dihasilkan akan menjadi jauh lebih akurat daripada Anda yang menghitung secara manual.

2. Software Keuangan yang Selalu UpToDate dan Mampu Menyesuaikan Dengan Usaha Anda.

Meskipun jenis usaha yang sedan Anda jalankan adalah masih berskala jenis usaha kecil atau menengah, namun tidak menutup kemungkinan akan mengalami perkembangan yang pesat dikemudian hari. Seiring dengan perkembangan usaha tersebut, maka dibutuhkan pula software keuangan yang mampu dalam mengakomodir berbagai kebutuhan usaha yang sudah semakin berkembang tersebut. Jangan membeli software yang tidak mampu dalam memenuhi berbagai kebutuhan dari usaha Anda karena hanya tergiur dengan harga yang begitu miring. Menggunakan software keuangan yang bisa terus dikembangkan merupakan sebuah investasi yang sangat berharga.

3. Memiliki Tampilan yang User friendly (Mudah Digunakan).

Tidak semua pengusaha memahami ilmu akuntansi. Namun menggunakan software keuangan yang hanya bisa dipahami oleh orang-orang tertentu saja dalam bidang usaha Anda, maka tentunya akan sangat merepotkan Anda selaku owner sebenarnya. Pastikan juga untuk menggunakan software yang benar-benar user friendly, sehingga bagi mereka yang masih terlalu awam terhadap bidang akuntansi masih tetap bisa untuk menggunakannya.

4. Menggunakan Teknologi Cloud Untuk Menyimpan Data-Data Keuangan.

Sebagai pengusaha di era yang sudah serba digital ini, Anda tidak perlu berada pada posisi on site selamanya untuk dapat memantau perkembangan bisnis. Dengan adanya teknologi cloud accounting, semakin memungkinkan bagi Anda dalam memantau jalannya usaha dan laporan keuangan bisnis Anda kapanpun dan dimanapun Anda berada selama masih terkoneksi dengan internet. Software keuangan yang semakin memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan serta menyediakan media penyimpanan data pada cloud yang lebih aman akan semakin meminimalkan terjadinya kehilangan dan penyalahgunaan data-data pada bisnis Anda.

5. Layanan After Sales Service & Support yang Cepat dan Serba Tanggap.

Dukungan secara teknis dan support dalam hal ini masih diperlukan sebagai layanan purna jual (after sales) yang sangat dibutuhkan oleh para pengguna software yang merasa kesulitan atau mengalami permasalahan dengan program (software) yang mereka gunakan. Pastikan untuk memilih software provider yang memberikan akses komunikasi yang lebih luas dengan user misalnya melalui telpon, email, chat untuk membantu seperti apapun permasalahan yang Anda hadapi agar dapat dengan cepat sesegera mungkin untuk ditangani. Dengan adanya layanan after sales service dan tenaga support yang baik dan professional, maka akan sangat membantu Anda dalam hal berbagai permasalahan menjalankan software pada operasinal usaha Anda.

Dengan adanya software keuangan yang lebih tepat, maka akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan laporan keuangan yang akurat dan cepat, sehingga Anda dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat untuk usaha Anda dimasa mendatang.

Apabila membutuhkan software HRD, Payroll dan Accounting, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu Anda!

 

Tinggalkan Balasan

Scroll to top