BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

SOFTWARE ACCOUNTING UNTUK PAJAK

Seperti yang diketahui bagi perusahaan yang berbadan hukum yang wajib melakukan pembukuan untuk persyaratan perpajakan bisa dilakukan dengan 2 metode. Metode pertama adalah dengan menghitung laporan keuangan perusahaan secara manual. Metode yang ke dua adalah menghitung laporan keuangan secara teknis menggunakan software. Untuk metode pertama sudah banyak ditinggalkan karena selain lama dalam menghitungnya, akurasi data juga dipertanyakan. Sedangkan dengan menghitung menggunakan software, laporan keuangan bisa dengan cepat tersajikan sesuai dengan periodenya. Sekarang ini untuk yang manual sudah banyak ditinggalkan, dan berganti ke yang menggunakan software. Pada penggunaan software accounting akan didapatkan beberapa laporan yang cukup cepat antara lain : Neraca dan rugi laba, laporan penjualan, laporan biaya-biaya, dan laporan kas dan bank perusahaan. Begitu pula dengan stok yang kita miliki. Bisa dihitung dengan baik dan benar menggunakan software. Laporan-laporan yang terkait pajak juga akan tersaji di software ini.

Kebutuhan untuk perpajakan sangat beragam saat ini, mulai PPH 21 yaitu menghitung pajak untuk karyawan, PPH 23 atas potongan jasa expidisi misalnya, PPH badan berdasarkan net Profit yang omzet lebih dari 4,8 Milliar atau PPH badan yang 1 % dari Omzet apabila omzet kurang dari 4,8 Milliar, bisa diinput di software ini. Untuk menghitung PPN, maka laporan penjualan bisa dilihat di software sehingga antara PPN masukan dan keluaran juga bisa dihitung dengan baik dari sumber data software. Sedangkan untuk pelaporan pajak bisa e-faktur jadi sangat mudah sekali software accounting yang ada saat ini.
Software accounting untuk perpajakan sangat membantu bagi wajib pajak yang usahanya sudah berjalan dengan lancar maupun tidak lancar. Melalui software ini tentunya pajak yang dibayar bisa dicatat dengan baik dan benar. Sehingga untuk pengelolaan perpajakan bisa dilakukan dengan akurasi yang cukup.
Software seperti apa yang harus anda pilih? Saat ini banyak sekali software accounting yang beredar di pasar, mulai yang menggunakan server atau yang berjenis cloud. Apabila anggaran kita cukup besar maka software accounting yang menggunakan server sangat tepat di pilih, sedangkan untuk perusahaan dengan anggaran yang pas-pasan maka pemilihan sebaiknya menggunakan software accounting cloud. Untuk yang cloud kita tidak perlu beli server karena server sudah disediakan oleh pusat. Kita tinggal bayar hosting dan maintenancenya saja, dan sangat hemat apabila menggunakan software accounting cloud ini.
Untuk mendapatkan software cloud lebih lanjut sebaiknya anda hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 0818521172 atau 081-252-982900 (wa) kami siap membantu.
Jadi kesimpulannya, dari pada menghitung pajak secara manual, sebaiknya sudah memakai software untuk memudahkan pekerjaan. Pemilik bisnis tidak akan terus menerus mengurus bisnis secara manual, karena bisa menggunakan tenaga kerja yang bisa mengoperasikan computer dan sumber daya ini cukup banyak karena di sekolah mereka sudah dibekali dengan mengoperasikan computer ketika di sekolah, baik itu yang SMK dan yang D3. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Scroll to top