BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

BEBERAPA ALASAN PENTING MENGAPA PEMBUKUAN (AKUNTANSI) KEUANGAN PERUSAHAAN HARUS BAHKAN WAJIB UNTK DILAKUKAN

Sebagai seorang pemilik dari sebuah bisnis, jadwal yang terlalu padat sudah pasti menjadi sebagai hal yang sudah biasa terjadi bagi Anda dan mengharuskan Anda untuk mengabaikan hal-hal sepele yang sebenarnya sangat penting seperti halnya pembukuan keuangan perusahaan. Tumpukan-tumpukan invoice, dokumen-dokumen akuntansi, dan laporan-laporan pengeluaran tanpa Anda sadari semakin lama malah semakin meningkat sampai juga terkadang menjadi semakinterbengkalai.

Alasan-Alasan Mengapa Pembukuan Keuangan Perusahaan Sangat Penting untuk Dilakukan

Nah, selanjutnya hal-hal seperti ini akan semakin berimbas kepada bagaimana tentang nasib dari perusahaan apabila pembukuan keuangannya malah menjadi tidak akurat, baik karena faktor terlalu lama tidak diperbarui proses akuntansinya atau karena permasalahan mengalami kekacauan secara keseluruhan dari seluruh bukti-bukti dan dokumen-dokumen akuntansinya.

Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa Anda sangat membutuhkan proses pembukuan keuangan bagi perusahaan Anda.

1. Sebagai gambaran tentang bagaimana kondisi keuangan perusahaan menjadi sangat tidak jelas sama sekali.

Kelangsungan hidup dari keuangan perusahaan Anda akan tergambarkan sebagaimana dengan pembukuan keuangan yang begitu kacau. Gambaran tersebut akan menjadi semakin tidak jelas ketika pembukuan keuangan perusahaan Anda yang tidak dilakukan dengan benar dan akan semakin mempersulit manajemen dalam hal pengambilan keputusan untuk tindakan penghematan pengeluaran. Penyebab utama dari permasalahan finansial dalam perusahaan Anda sebenarnya juga masih dapat terdeteksi dan dicari tahu dimana letak dari akar permasalahannya dengan jalan membuat pembukuan keuangan yang benar, sehingga Anda akan dapat mengetahui dengan pasti bahwa ada atau tidaknya permasalahan keuangan di perusahaan Anda.

2. Mengakibatkan terjadinya kekeliruan keuangan yang sangat merugikan perusahaan.

Bencana terbesar bagi bisnis Anda sebenarnya bisa saja dapat berasal dari faktor pembukuan keuangan perusahaan yang terlalu buruk dan menyebabkan terjadinya kesalahan dalam menghitung profit atau beban-beban biaya tertentu. Seperti contohnya adalah ketika Anda memperkirakan keuntungan yang terlampau tinggi, namun ketika menulis formulir pajak akan semakin menyebabkan terjadinya peningkatan biaya dari beban pajak perusahaan Anda yang tentunya sangat merugikan sekali bagi bisnis Anda.

Sedangkan apabila yang terjadi malah sebaliknya, maka Anda juga akan tetap saja merugi karena malah akan dikenakan denda atau tindakan audit. Pembengkakan terhadap pengeluaran bisnis juga sebenarnya cukup mudah terjadi apabila terdapat kesalahan dalam hal pengkategorian dari asset akibat dari terjadinya kesalahan dalam hal pembukuan yang dilakukan dengan tidak baik. Apabila Anda tidak lebih sering untuk memeriksa pembukuan dan laporan dari bank, maka kesalahan tersebut juga akan menjadi semakin berkembang dan malah akan semakin berdampak buruk bagi kondisi keuangan perusahaan Anda.

3. Resiko dari proses audit yang akan semakin mengalami peningkatan.

Memiliki data keuangan yang terlalu mencurigakan dan seringkali telat untuk membayar pajak dapat menyebabkan perusahaan Anda menjadi semakin rawan untuk terkena audit. Proses audit disini akan semakin menyita waktu dan biaya walaupun jika tidak ada yang salah dengan data-data keuangan perusahaan Anda. Pembukuan keuangan yang tidak tertata dengan rapi akan dapat menjadikan proses tersebut menjadi semakin lebih melelahkan. Terlebih lagi jika terdapat resiko dari ketidaksesuaian data-data keuangan, Anda menjadi semakin beresiko dituntut untuk membayarkan denda pajak atau juga akan dikenakan dipinalti oleh lembaga keuangan negara.

4. Membatasi adanya pilihan seputar keuangan.

Pembatasan pilihan keuangan dapat saja terjadi jika pembukuan keuangan yang telah Anda lakukan sama skali tidak teratur. Terutama yang harus selalu harus diwaspadai untuk jenis-jenis usha kecil menengah kebawah dengan semakin banyaknya kebutuhan berupa pinjaman dana, utamanya adalah apabila sifatnya sangat mendesak, maka pembukuan akuntansi perusahaan Anda juga harus dapat dipastikan kebenaran dan keakuratannya. Jangan sampai pinjaman dana untuk kebutuhan bagi bisnis Anda semakin terhalangi.

5. Merujuk pada permasalahan list pembayaran gaji.

Seperti pada bagian lainnya dalam permasalahan keuangan perusahaan, listĀ  gaji atau yang biasanya disebut dengan payroll juga akan ikut terpengaruh oleh pembukuan akuntansi. Apabila pembukuan akuntansi yang tidak dilaksanakan dengan benar, maka bisa menjadi suatu kesalahan terbesar bagi Anda dalam hal pembayaran gaji karyawan yang mana tidak akan bisa sesuai dengan apa yang diharapkan, apalagi jika Anda sama sekali tidak menyadari hal tersebut karena pencatatan keuangan perusahaan Anda yang tidak teratur, bukankah hal tersebut benar-benar sangat disayangkan karena juga akan dapat berujung pada terjadinya permasalahan pajak yang harus dipenuhi oleh seorang karyawan.

Apakah Anda masih ingin menunda-nunda untuk mengerjakan pembukuan keuangan dari perusahaan Anda? Penundaan seperti ini hanya akan semakin menghalangi Anda untuk mengurangi terjadinya pengeluaran-pengeluaran bisnis dan untuk melakukan penghematan. Apalagi jika ada waktu dan tenaga yang dapat terbuang dengan sia-sia. Pembukuan akuntasi terhadap keuangan perusahaan Anda sebenarnya juga wajib untuk memiliki semua data keuangan yang selama ini telah Anda perlukan guna mengambil keputusan bisnis, misalnya untuk merekrutĀ  pegawai, mencari modal dan dana, serta hal-hal lainnya. Pastikan bahwa pembukuan Anda sudah benar dan selalu ter-update dan Anda akan mampu untuk membuat keputusan bisnis yang jauh lebih baik serta untuk memperoleh berbagai informasi yang lebih berkualitas.

Satu dari sebagian metode untuk memastikan pembukuan perusahaan Anda sudah dikelola dengan baik dan benar atau tidak adalah dengan jalan menggunakani software berupa aplikasi/program akuntansi yang memiliki tingkat akurasi yang 100% lebih tepat, cepat dan serba terjamin. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian. Terimakasih dan salam sukses.
Apabila pembaca sekalian membutuhkan software Accounting, serta software HRD dan Payroll silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu Anda!

Tinggalkan Balasan

Scroll to top