BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

MENJAGA INFORMASI PENTING LAPORAN KEUANGAN DENGAN FITUR OTORITAS PASWORD SOFTWARE ACCOUNTING

Pada era zaman serba teknologi untuk saat ini teknologi informasi malah menjadi komoditi yang lebih penting. Bisa dikatakan juga bahwa informasi yang terpenting merupakan asset yang paling berharga bagi perusahaan. Kemampuan dalam hal mengakses dan menyediakan berbagai kebutuhan informasi dengan lebih cepat dan akurat yang menjadi satu kebutuhan dari berbagai pihak seperti jenis organisasi, perusahaan, lembaga pendidikan, pemerintahan maupun secara individu.

Salah satu informasi yang dianggap begitu penting adalah yang terkait hubungannya dengan keuangan organisasi perusahaan. Karena begitu pentingnya nilai informasi yang terdapat dalam sebuah laporan keuangan yang menyebabkan informasi ini hanya bisa diakses oleh para personel tertentu.

Hal seperti ini harus dilakukan untuk menghindarkan terjadinya resiko jatuhnya informasi penting kepada pihak yang tidak bertanggungjawab, sehingga malah dapat menyebabkan terjadinya kerugian. Seringkali bahwa organisasi perusahaan harus berhadapan langsung dengan berbagai macam ancaman keamanan informasi seperti halnya terjadinya pencurian data-data penting perusahaan, percobaan hacking, dan lain sebagainya. Karena itulah maka sistem keamanan informasi yang akan diterapkan harus benar-benar terjamin keamanannya.

Keamanan dari sebuah informasi tentunya hanya dapat tercapai dengan jalan menerapkan berbagai upaya yang juga harus didukung dengan berbagai kebijakan dan prosedur manajemen yang baik. Hal ini dimaksudkan karena semua pihak yang terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam hal penyediaan, pemyimpanan, pemanfaatan, dan penyebaran informasi tidak ingin informasi tersebut sampai disalah gunakan.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan dalam hal pengamanan informasi adalah dengan cara memberikan batasan hak akses informasi melalui mekanisme “access control” yang lebih dikenal dengan istilah “password”. Masing-masing personel yang terkait dan berkewajiban dalam pembuatan atau pengolahan laporan keuangan hendaknya harus diberikan batasan untuk melakukan hak akses yang sesuai dengan tugasnya serta memiliki passwordnya tersendiri.

Dengan adanya otoritas password dan berupa batasan hak akses tersebut, maka dapat lebih meminimalkan terjadinya resiko kecurangan dalam hal pembuatan laporan keuangan, penyalahgunaan laporan, pembajakan, sehingga laporan yang akan dihasilkan sampai menjadi tidak valid yang dapat semakin menurunkan kredibilitas perusahaan. Karena itulah maka setiap personel yang terkait dengan urusan laporan keuangan harus terlebih dahulu memahami kebijakan password yang dimilikinya dan mengetahui seperti apa password yang cukup baik, mudah diingat dan kuat, karena password yang digunakan adalah untuk mengamankan informasi keuangan milik perusahaan.

Penggunaan password dapat dikatakan lebih efektif jika:

• Terdiri atas 7-10 karakter yang telah digabungkan dengan angka, simbol atau huruf besar/kecil.
• Tidak memiliki makna sehingga bisa mngkin akan bisa ditebak.
• Hindari penggunaan urutan abjad atau angka, misal: abcdefg, 123456.
• Mengganti kode password secara berkala.
• Hindari penggunaan username sebagai login.
• Buatlah password yang cukup mudah untuk Anda ingat namun sangat sulit untuk bisa ditebak.

Kesadaran akan begitu pentingnya menjaga informasi harus selalu ditanamkan dalam diri setiap personil dan tidak hanya untuk kalangan manajemen dan direksi saja. Setiap personel yang sudah terlibat dalam berbagai aktivitas perusahaan juga harus bertanggungjawab terhadap keamanan dari berbagai informasi yang sudah dimilikinya.
Apabila pembaca sekalian membutuhkan software Accounting, serta software HRD dan Payroll silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu Anda!

Tinggalkan Balasan

Scroll to top