BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

PERAN PENTING IMPLEMENTASI SOFTWARE ACCOUNTING ERP UNTUK PENGELOLAAN KEUANGAN DAN KEPUTUSAN MANAJEMEN INTERNAL PERUSAHAAN

Penerapan software ERP dalam dunia bisnis bertujuan untuk membantu perusahaan dalam melakukan integrasi informasi dari seluruh fungsi-fungsi bisnis yang berbeda-beda. Selain itu juga untuk menyediakan pengaturan tentang sumber daya yang terpusat agar dapat lebih menyederhanakan penyajian data-data untuk mempermudah perusahaan dalam hal melakukan pengambilan keputusan bisnis.

Pengertian ERP (Enterprise Resource Planning)

Yang dimaksud dengan ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sebuah aplikasi untuk manajemen bisnis yang dapat membantu pada saat pengelolaan bisnis harus serba terintegrasi. ERP akan mampu menyajikan berbagai informasi secara real-time tentang proses bisnis sebuah perusahaan seperti produksi, order processing serta inventory management.

Software ERP dapat membantu perusahaan untuk memetakan serta merencanakan pengelolaan dari berbagai macam sumber daya serta proses bisnis dalam internal perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan modern akan memiliki berbagai macam unit bisnis serta berbagai macam fungsi seperti:

• Penjualan.
• Accounting.
• Keuangan.
• Customer relationship management.
• Sumber daya manusia.
• Inventory management.
• Supply chain dan banyak lagi yang lainnya.

Software ERP mampu mengintegrasikan dari keseluruhan informasi tersebut yang berhubungan langsung dengan berbagai fungsi-fungsi perusahaan yang kemudian data-datanya akan dikumpulkan ke dalam satu titik pusat, lalu akhirnya akan menyajikan dengan tampilan yang lebih sederhana terhadap usernya.

Pergerakan dunia bisnis yang serba cepat seperti saat ini akan menyebabkan banyak sekali ketidakpastian yang tentunya di akibatkan oleh beberapa faktor, seperti: kondisi perekonomian global yang tidak menentu, kompetisi dunia bisnis yang semakin ketat serta permintaan dan harapan dari para pelanggan yang semakin tinggi. Apabila sebuah bisnis tidak mampu mengatasi segala perubahan tersebut dan tidak mampu beradaptasi dengan cepat, maka kemungkinan terbesarnya adalah bisnis tersebut akan segera hancur dalam waktu yang relatif lebih cepat, nah dari sinilah pentingnya peran dari sistem ERP.

Manfaat Implementasi Software ERP Dalam Dunia Bisnis

Awalnya konsep ERP menggunakan istilah Material Requirement Planning (MRP) yang kemudian semakin berkembang menjadi Manufacturing Resource Planning (MRP) dan berkembang lagi menjadi Computer Integrated Manufacturing (CIM). Setelah itu sistem ini terus berkembang pesat dengan berbagai penambahan fitur-fitur baru seperti: accounting, sumber daya manusia dan banyak lagi yang lainnya sehingga akhirnya menjadi Enterprise Resource Planning (ERP).

Pada era yang sudah serba digital seperti sekarang ini, ERP modern tentunya akan sangat membantu perusahaan dalam hal mengatasi berbagai kompleksitas dunia bisnis global. Dengan adanya system ERP, maka sebuah perusahaan akan menjadi lebih mudah dalam mengelola proses bisnis dan menjadi lebih mudah dalam melakukan pengembangan bisnis.

Lalu bagaimana peran ERP dalam bisnis?

Akhir-akhir ini system ERP berbasis cloud seakan menjadi sebuah (barang dagangan) yang begitu menjanjikan bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang IT. Para pengembang sudah mulai saling berlomba-lomba dalam menciptakan suatu software ERP cloud terbaik dengan versinya masing-masing.

Berikut ini merupakan beberapa peran penting dari penggunaan system ERP berbasis cloud dalam upaya untuk membantu sebuah bisnis.

1. Semakin Mempermudah Pengendalian Terhadap Proses Bisnis.

Sebuah sistem ERP yang menyediakan berbagai data dari unit-unit bisnis yang bermacam-macam secara sudah tersistematis, komprehensif, real-time dan juga lebih banyak memberikan kemudahan untuk mengaksesnya. Hal itu tentunya akan semakin mempermudah bagi perusahaan dalam melaksanakan pemantauan serta pengendalian terhadap proses bisnis yang sedang berjalan.

2. Menyederhanakan Proses Bisnis.

System ERP sangat membantu perusahaan dalam menyederhanakan proses bisnisnya. Juga untuk memastikan bahwa alur kerja masih tetap mampu berjalan dengan baik dan komunikasi antar departemen menjadi semakin lebih baik. Fungsi otomatisasi dalam sistem ERP menjamin aliran informasi tersebut dapat tersampaikan dengan jelas serta minimnya kesalahan yang akan terjadi, sehingga proses bisnis akan menjadi lebih sederhana dan lebih responsive.

3. Meningkatkan Efisiensi Karyawan.

Sistem ERP akan menyalurkan informasi yang akurat yang dibutuhkan oleh karyawan Anda. sehingga para karyawan tidak perlu lagi harus membuang-buang waktu untuk mencari informasi sendiri. Sehingga mereka bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas-tugas utama mereka dan kualitas produktivitas kerjanya juga akan semakin meningkat.

4. Ekosistem Perusahaan yang Saling Terintegrasi.

Perusahaan akan berjalan dengan seimbang apabila kinerja dari seluruh stakeholder dapat berjalan bersama-sama berdasarkan kebutuhan masing masing dalam mencapai tujuan perusahaan. Dengan adanya sistem ERP, tentunya akan sangat membantu dalam menyatukan semua unit tersebut ke dalam ekosistem internal perusahaan agar bisa berjalan bersama-sama untuk lebih meningkatkan kinerja perusahaan.

5. Siap Menghadapi Masa Depan yang Lebih Baik.

Sistem ERP akan membantu perusahaan yang masih berkembang agar bisa menjadi lebih cepat beradaptasi dengan berbagai kebutuhan di masa mendatang. Integrasi, kinerja serta alur informasi yang berjalan dengan sangat baik tentunya akan semakin meningkatkan kemampuan perusahaan dalam melakukan suatu perencanaan dan pengendalian yang lebih baik dan selalu siap dalam menghadapi berbagai tantangan dimasa depan.

Nah, itulah sekilas pembahasan tentang manfaat serta peran penting dari penggunaan software accounting ERP bagi operasional perusahaan. Hal ini juga akan sangat membantu perusahaan dalam mempermudah dan mempercepat berbagai proses implementasi bisnisnya . Apabila pembaca membutuhkan informasi mengenai artikel di atas lebih lanjut dan membutuhkan software accounting, pembuatan SOP Finance dan accounting, serta audit dan analisa laporan keuangan, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

Tinggalkan Balasan

Scroll to top