BERITA

Informasi terkini seputar Manajemen, Accounting, Sumber daya manusia, Ritel Management, Teknologi Informasi

TIPS-TIPS TENTANG BAGAIMANA DALAM MENGENDALIKAN BEBAN/BIAYA PERUSAHAAN

Pada Kesempatan kali ini praktisi software akuntansi akan Berbagi tentang “TIPS-TIPS TENTANG BAGAIMANA DALAM MENGENDALIKAN BEBAN/BIAYA”. Artikel ini bertujuan untuk melengkapi artikel sebelumnya yang pernah ditulis dengan judul “STRATEGI BAGAIMANA DALAM MENURUNKAN BIAYA OPERASIONAL PERUSAHAAN YANG SEMAKIN MEMBENGKAK“. Dan pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang definisi sebenarnya dari beban/biaya. Beban merupakan satu bentuk pengeluaran, baik melalui kas secara langsung maupun yang tidak langsung. Beban akan semakin mengurangi pendapatan yang pada akirnya akan menjadi bagian terpenting dari pembentukan keuntungan atau laba. Jika perusahaan sudah mampu untuk mengelola beban perusahaan dengan lebih efisien, tentunya akan manfaatnya sendiri bukan.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengelola beban/biaya perusahaan Anda.

1. Melakukan Perawatan.

Perawatan yang dilakukan pada aset milik perusahaan dapat mengurangi kerusakan, dan mengurangi besarnya nilai penyusutan (Depreciation). Setiap asset pastinya memiliki masa manfaat yang terbatas, dan penilaian masa manfaat sendiri juga sangat ditentukan pada saat pengakuan awal. Meskipun asset memiliki masa manfaat yang sangat terbatas dan telah ditentukan, namun bukan berarti asset yang sudah tidak memiliki nilai dan masa manfaat sudah tidak dapat digunakan kembali dan asset dapat dinilai ulang melalui penilaian kembali (Revaluation) asset. Penilaian kembali seperti ini meliputi penilaian nilai manfaat dan juga masa manfaatnya.

2. Meningkatkan otorisasi perusahaan.

Setiap pembelian dari asset tentunya memerlukan dana. Didalam proses penyedian dana ini perusahaan memilki berbagai macam jenis prosedur yang harus dilewati dan harus dilakukan. Serta dari lamanya prosedur juga masih bergantung pada luasnya birokrasi yang harus ditempuh dan besarnya nilai dana yang dibutuhkan.

3. Kendalikan biaya Perolehannya.

Perusahaan dapat mengendalikan biaya perolehan (Cost) asset dengan cara lebih memperhatikan histori dari pembelian asset yang sebelumnya pernah terjadi dari tahun ke tahun. Menganalisis biaya-biaya yang sudah muncul dari pembelian asset-asset tersebut. Manajemn juga dapat memberikan keputusan apakah biaya yang sudah termasuk (include) dalam perolehan asset apakah sudah masuk akal/bernilai wajar atau tidak. Dengan adanya pertimbangan demikian, maka nilai asset yang dikaptalisasi akan jauh lebih mencerminkan nilai aslinya, segala biaya-biaya yang menyertainya dapat dikurangi, dan biaya yang tidak begitu penting dapat dieliminasi.

4. Menetapkan anggaran.

Perusahaan tentunya memiliki tujuan visi dan misi yang tercermin di dalam profil perusahaan. Parap pembaca tentunya dapat menemukan visi dan misi yang tertulis pada bagian profil di setiap laporan tahunan (annual report). Tujuan utama (Main project) dari perusahaan akan dibagi lagi ke dalam tujuan-tujuan terkecil dan dibagi kembali ke setiap masing-masing organisasi yang berbeda-beda. Dapat diartikan bahwa sebuah departemen merupakan bagian utama dari tujuan perusahaan. Bagi perusahaan dengan skala bisnis menengah keatas, tentunya mereka telah memilki tata kelola perusahaan  (Good Corporate Governance) yang lebih baik. Salah satu indikatornya adalah dengan melihat ketersediaan informasi tentang angaran (Budgetting) milik perusahaan.

Kaitannya dengan pengendalian biaya, anggaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan merupakan atu alat yang dapat digunakan sebagai salah satu alat pengendalian. Anggaran perusahaan yang sudah dibentuk dari berbagai informasi-informasi yang sudah terjadi pada masa lalu. Sehingga, jika terdapat biaya yang tidak biasa, dan sangat tidak wajar maka identifikasi atas biaya tersebut akan menjadi jauh lebih mudah.

5. Bekerjasama dengan Pihak Bank.

Adakalanya perusahaan yang memiliki sumber daya keuangan yang sangat terbatas. Akan meminjan dana dari bank dan hal ini menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan daripada dengan cara menarik para investor. Keterbukaan Bank terhadap para calon debiturnya saat ini semakin meningkat. Perusahaan akan dapat bekerja sama dengan Bank dalam penentuan batas bunga pinjaman, apabila perusahaan merasa keberatan dengan begitu besarnya bunga yang nanti akan dibebankan.

6. Seleksi berdasarkan Prioritas Utama.

Perusahaan tentunya memilki perencanaan untuk menentukan masa depannya sendiri. Selain itu, Mereka juga memiliki banyak rencana yang kesemuanya merupakan prioritas. Jika ditulis dan didaftar, maka semua rencana yang membutuhkan dana, sebagian besar dari mereka akan menyatakan bahwa mereka memang membutuhkan modal tambahan. Saran bagi perusahaan yang memiliki banyak tujuan, sebaiknya tentukanlah pada keputusan yang menyediakan banyak pilihan ke depanya. Dan hal ini merupakan langkah yang paling startegis, dalam usaha untuk menghindarkan diri dari jalan buntu (stagnant).

7. Kurangi penggunaan kertas.

Dengan adanya program ramah lingkungan, dan kecanggihan teknologi yang sudah semakin meningkat. Maka kemampuan kertas sebagai salah satu media informasi akan dapat digantikan oleh media elektronik. Untuk saat ini media elektronik mampu memberikan fungsi yang hampir sama baiknya dengan fungsi kertas, sebagai media penyimpan dan berbagi informasi. Layana back up melalui cloud akan memberikan keutungan bagi perusahan, yaitu bia terbebas dari penyedian ruang simpan (Hard disk). Peralihan dari kertas kepada elektronik juga semakin mengurangi penyediaan tinta sebagai salah satu sarana untuk mencetak.

Terima kasih telah berkunjung ke website kami, dan itulah sedikit penjelasan yang terkait dengan pengendalian beban/biaya. Diharapkan setelah membaca artikel ini, maka para pembaca sekalian akan dapat belajar agar mampu mengendalikan biaya-biaya perusahaannya. Bagi para pembaca sekalian yang ingin mengetahui secara lebih mendalam seputar pengendalian biaya ini, dan membutuhkan bimbingan serta konsultasi seputar permasalahan pengendalian biaya dan membutuhkan software accounting silahkan menghubungi groedu@gmail.com atau kontak  081-252-982900 atau 081-8521172. Kami siap membantu Anda. Sampai bertemu kembali pada pembahasan artikel selanjutnya. Terimakasih dan salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Scroll to top