Pembelian

Pada Fitur pembelian software accounting ini, terdapat PO (Purchase Order), Good receive (penerimaan barang) atau LPB (laporan penerimaan barang), dan Faktur Beli. Secara prosedur dalam pembelian barang selalu diawali dengan pembuatan PO (Purchase Order), lalu ketika PO sudah dikirimkan baik via email/fax dan media lainnya, bagian penerima barang di gudang akan mendapatkan informasi adanya PO dengan nomer yang terterah dan jumlah barang serta item barang yang dipesan tercantum di sistem. Adanya laporan ini  sangat bermanfaat bagi bagian penerima barang untuk berkoordinasi pada saat barang akan datang sehingga bisa menyiapkan tempat dan mengatur perencanaan bongkar muatnya.

Pada saat barang datang dan diterima, penerima barang tinggal mencocokan antara barang datang dengan PO. Lalu disistem bisa dicentang, sebagai tanda bahwa barang sudah diterima dengan jumlah benar dan sesuai dengan nomer PO-nya. Penyamaan nomer PO dengan surat jalan Supllier untuk mencegah pengiriman dobel. Apabila sudah sesuai semuanya, bagian penerima barang bisa mencetak bukti penerimaan barang dari sistem. Bukti penerimaan barang inilah yang akan dijadikan dasar dalam mencetak Faktur Beli atau sering disebut dengan Purchase Invoice. Pembuatan Faktur beli tentunya akan diambil dari sistem dengan mencocokan bukti penerimaan barang secara hard copy dengan yang ada di sistem. Apabila sudah sesuai maka Faktur Beli akan dicetak, dan secara otomatis hutang dagang perusahaan kepada supplier bertambah. Begitu pula stok produk juga bertambah.

Pencatatan secara tersistem dapat memudahkan user untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya yang terkait dengan stok barang dan hutang dagang yang harus dibayar. Ketika akan lakukan stok opname, laporang barang masuk dapat dilihat secara sistem, dan pada saat mau bayar hutang dagang secara sistem juga bisa dilihat di laporan hutang dagang.

Penerimaan barang di gudang secara otomatis akan membantu dalam proses penjualan barang yang dilakukan oleh sales force. Sales force yang menggunakan SFA secara otomatis akan melihat stok sisa di gudang secara real time sehingga penjualan barang ke customer bisa lebih mudah dan stok di customer tidak sampai kosong. Fitur pembelian di software accounting juga akan terintegrasi dengan laporan keuangan yang akan dicetak setiap bulan dari sistem. Oleh sebab itu sangatlah mudah dan bermanfaat dalam penggunaan software accounting yang terintegrasi.

Groedu Inti Global Inovasi 
City Of Tomorrow Mall, Jl. A Yani No. 288 (Bunderan Waru) Lantai UG, Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya.
Telphon : 081-5941-7699 (Only Call)
Handphone : 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati)
Email : groedu@gmail.com
website : www.softwareaccountingsurabaya.com

Scroll to top